Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Di Desa Totabuan

Presiden RI Joko Widodo resmikan Bendungan Lolak Bolaang Mongondow

BOLMONG – LACSKPOS.CO.ID – Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo dengan resmi, meresmikan bendungan di Desa Totabuan Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Provinsi Sulawesi Utara. Jumat (23/02/2024).

Dalam sambutan Presiden Ir Joko Widodo mengatakannya, bilamana pengelolaan air harus menjadi konsentrasi kerja kita bersama, mengingat kedepannya urusan air dan urusan energi akan menjadi sebuah persoalan besar kalau tidak siapkan dari sekarang,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden RI Joko Widodo resmikan Bendungan Lolak Bolaang Mongondow

Presiden Ir Joko Widodo juga menjelaskan bilamana Indonesia telah memiliki 4.400 sungai, dan baru 292 sungai yang memiliki bendungan, dan sudah diresmikan bahkan sudah beroperasi dengan baik,” ujarnya

Lanjutnya Presiden, bilamana bendungan atau waduk Lolak ini bisa menampung air sebesar 16 juta meter kubik, dan mampu juga mengairi sawah – + 2.200 ha, dan ini tentunya sangat besar manfaatnya bagi petani sawah. Karena air tersebut sangat dibutuhkan untuk Petani dan kebutuhan masyarakat sekitarnya. Mengingat, Provinsi dan Kabupaten lainnya telah memiliki bendungan dengan kapasitas yang sama, untuk kebutuhan masyarakat supaya dapat menikmati air ini sesuai dengan keperluannya,” imbuhnya.

Presiden juga menjelaskan bilamana, air yang ada Negara Kesatuan Republik Indonedia (NKRI) sangat banyak, dan marilah kita bersama-sama mengelola air tersebut dengan baik, sehingga manfaatnya dapat memberikan keuntungan bagi rakyat Indonesia,” imbuhnya Presiden.

Presiden Joko Widodo menambakan juga, bilamana bendungan Lolak Bolaang Mongondow tersebut bisa menyediakan air baku bagi masyarakat Bolaang Mongondow.
Mengingat Sebelum ada bendungan ini sering banjir, dan ketika sudah ada bendungan ini tentunya 29 persen banjir telah berkurang. Bahkan bisa menghasilkan listrik Mini Hidro,” tutupnya Presiden Ir Joko Widodo.

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menjelaskan bilamanama Kabupaten Bolaang Mongondow ini, salah satu lumbung padi yang ada Sulawesi Utara. “Jadi dengan ketersediaan air baku tersebut, maka penanganan bencana banjir hingga bisa menjadi potensi wisata kreasi baru di yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow,” pungkasnya Gubernur Olly.

Untuk diketahui turut hadir dalam peresmian Bendungan Lolak tersebut antara lain, Bupati Bolaang Mongondow Ir Limi Mokodompit MM, Forkopimda Sulawesi Utara, Kapolda Irjen Pol Yudhiawan dan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko.

“Bahkan agenda kunjungan kerja Presiden Ir Joko Widodo ke Sulawesi Utara mendapat pengawalan dan pengamanan ketat dari Paspampres. Dan TNI dan POLRI menurunkan anggota personil sebanyak 1.635 Personil, bersama instansi lainnya. Sesuai agenda Presiden Jokowi akan melakukan kegiatan peresmian Bendungan Lolak dan IJD di Kabupaten Bolaang Mongondow, penyaluran bantuan pangan serta kegiatan PNM di Kota Bitung.

Usai melakukan kegiatan di Sulawesi Utara, dijadwalkan Presiden akan langsung kembali ke Jakarta Jumat sore. (Hengky Kaunang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *