Terungkap ! KPU Sampang Lantik PPS Siluman Desa Pacanggaan Dalam Rangka Pemilukada 2024

Kantor KPU Sampang Jalan Diponegoro Kelurahan Banyuanyar (abd/lacakpos)

SAMPANG – LACAKPOS-CO.ID – Kepercayaan publik (public trust) kembali terusik, pasca minggu, (26/05/2024) KPU Sampang melantik sejumlah 558 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka pemilukada 27 nopember 2024 mendatang di aula PKPN Jalan Rajawali Sampang.

Terkonfirmasi dari Nara sumber terpercaya bahwa salah satu anggota PPS yakni Desa Pacanggaan Kecamatan Pangarengan yang dilantik itu tak mengikuti sesi fit&proper test/wawancara yang digelar PPK Pangarengan.

Bacaan Lainnya

Hatman Ketua PPK Pangarengan ketika dikonfirmasi via telepon menyampaikan jika semua berkas, baik daftar hadir maupun berita acaranya sudah disetor ke KPI Sampang, sabtu (25/05/2024).

“Silakan konfirmasi ke KPU Sampang”, singkatnya

Bahri, warga masyarakat pangarengan menyayangkan lolos dan dilantiknya PPS Desa Pacanggaan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang.

Sesal Bahri, ini mencederai proses demokrasi dan kepercayaan publik kepada penyelenggara pemilu dalam rangka pemilukada mendatang.

Karena kata dirinya, salah satu tolak ukur mewujudkan proses pemilu yang demokratis dan berintegtitas salah satunya berawal dari proses seleksi dan rekruitmen badan ad-hoc yang transparan dan akuntabel.

Hasil penelusuran Tim Lacakpos&tim awalnya KPU Sampang pada websitenya, Jum’at, (24/05/2024) dengan pengumuman Nomor: 225/PP.04.2-PU/3527/2024 tentang Hasil Penetapan Seleksi Calon Anggota PPS untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota terpilih pada Kabupaten Sampang Tahun 2024, terdapat nama calon Anggota PPS Desa Pacanggaan Kecamatan Pangarengan yakni :
1. Syaiful Rizal/terpilih
2. Madus /terpilih
3. Zainal Abidin /terpilh
4. Mashudi /pengganti
5. Ahmad Maulidi/pengganti
6. Abdul Qodir/pengganti;

Namun, kejanggalan terungkap ketika KPU Sampang kembali mengeluarkan Perbaikan Pengumuman Nomor: 228/PP.04.2-Pu/3527/2024. Nama-nama anggota PPS Desa Pacanggaan.
1. Syaiful Rizal/terpikih
2. Madus/terpilih
3. Mashudi/terpilih
4. Ahmad Maulidi/pengganti
5. Abdul Qodir/pengganti
6. Imam Muzanni/pengganti.

Adi Imansyah ketika dikonfirmasi Tim Lacakpos berkilah karena kesalahan input.

Viral ! carut marut dan kejanggalan seleksi dan rekruitmen badan ad-hoc ini pula terjadi pada banyak desa, diantaranya Desa Batuporon Barat, Taman Sareh dan Banyumas.

Terpisah Bawaslu Sampang yang diharapkan sebagai penegak dan pengawal proses demokrasi tak ubahnya keberadaan dan eksistensi menjadi sub ordinat KPU Sampang, karena ketika dikonfirmasi baik Ketua Bawaslu Sampang, Mubally maupun Komisioner Divisi SDM, Mat Sodik enggan berkomentar, sabtu (25/05/2024).

(Abd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *