Bawaslu Sampang Gelar Sosialisasi, Ketua FGD : GEMPAR Sebagai Terobosan Wujudkan Pemilu Yang Demokratis

SAMPANG – LACAKPOS.CO.ID – Gerakan Masyarakat Pengawas Partisipatif (GEMPAR) merupakan salah satu terobosan yang dilakukan oleh Bawaslu RI untuk meningkatkan peran serta dan keterlibatan unsur dan elemen masyarakat dalam pencegahan, pengawasan dan pengawalan Pemilihan Umum (Pemilu Presiden/Wapres, Pemilu Legislatif) dan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan digelar serentak tahun 2024 mendatang.

GEMPAR sebagai wujud dan langkah konkrit kemauan yang sama antara penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan seluruh lapisan masyarakat yang hendak mentransformasikan gerakan moral (moral force) menjadi gerakan sosial (social movement) untuk mewujudkan pemilu yang demokratis dan berintegritas.

Bacaan Lainnya

Demikian materi sosialisasi kepemiluan yang disampaikan oleh Abdul Azis Agus Priyanto, SH selaku Pegiat Pemilu dan Demokrasi sekaligus Ketua Forum Gardu Demokrasi (FGD) Divisi Politik, Hukum dan HAM Sampang dihadapan para Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) se Kabupaten Sampang.

Azis menambahkan, GEMPAR sebagai bentuk partisipasi masyarakat searah dengan norma sebagaimana isi pasal 448 ayat (3) Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang PEMILU.

“Bertujuan meningkatkan partisipasi politik masyarakat secara luas”

Pihaknya berharap Stakeholder Penyelenggara Pemilu secara berjenjang dari sisi pengawasan dapatnya berkolaborasi dalam hal yang positif kepada Akademisi, Organisasi Masyarakat Sipil (NGO/Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Media Pers serta pola pendekatan ke beberapa komunitas untuk menggelorakan GEMPAR sebagai jawaban atas tantangan dan ekspektasi publik dalam menciptakan dan mewujudkan pemilu yang demokratis dan berintegritas.

Kata Azis, seiring kebutuhan masyarakat pada era digitalisasi pemanfaatan medsos, sosmed, media online, podcast dan Hastag sepertinya menjadi kebutuhan yang ter elakkan untuk mensosialisasikan GEMPAR dan via kanal dan media dimaksud hendaknya dimanfaatkan secara bijak dan berhati-hati serta tetap pada jalurnya (on the track).

Bertempat di Hotel Pondok Wisata Camplong, Bawaslu Kabupaten Sampang menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Pengawas Partisipatif (GEMPAR) Pada Pemilu Serentak Tahun 2024 dengan tema : “Awasi Bersama Menuju Pemilu Yang Demokratis”, Kamis (08/12/2022).

Salah satu Komisioner Bawaslu Sampang, Suhariyanto, S. Sos Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat (PPM) didampingi Muhally saat membuka sosialisasi mengharapkan kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan momentum ini agar hendaknya materi yang akan disajikan nantinya oleh narasumber dapat dijadikan referensi saat bertugas sebagai pengawas pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Masih kata Suhariyanto, Bawaslu kali ini selain menghadirkan Pegiat Pemilu, mantan Komisioner 2 peiode, Drs. Hernandi Kusumahadi juga diundang pula untuk memberikan pemantapan “Revitalisasi Pemantau Pemilu” dengan tujuan hendaknya para Panwaslucam yang baru dilantik bulan oktober kemarin mendapatkan gambaran riil serta solusi saat menghadapi berbagai persoalan pemilu di wilayah bertugas.

Hadir lengkap sebanyak 100 lebih peserta dengan rincian 42 Panwaslucam dan 2 staf pendukung pada tiap-tiap kecamatan se kabupaten, staf pendukung Bawaslu Sampang, perwakilan Bakesbangpol dan unsur Polri. (Frh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *