Terungkap Ambisi Jabatan, Sosok Ini Paksakan Lelang Jabatan Tinggi Pratama

Sekretaris Diskopindag Kabupaten Sampangsekaligus Plt. Staf Ahli Pj. Bupati Sampang Bidang Pembangunan, Kesra dan SDM, Sulis Setiawan (abd/lacakpos)

SAMPANG – LACAKPOS.CO.ID – Aparatur Sipil Negara (ASN) eksistensinya diatur secara ketat oleh ketentuan hukum perundang-undangan, norma tersebut sifatnya dinamis seiring perkembangan dan kebutuhan sebuah oganisasi.

Viral beberapa pekan terakhir terkait eksistensi salah seorang pejabat eselon III pada Pemerintah Kabupaten Sampang yang tidak lain adalah Sekretaris Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag), Sulis Setiawan.

Bacaan Lainnya

Eksistensinya banyak disorot berbagai media karena aktifitasnya selalu melekat dengan giat Pj. Bupati Sampang, on time di Pendopo Trunojoyo, sering meninggalkan kantor Diskopindag selaku Sekretaris dan seakan di luar batas kewenangannya (abuse of power) bagi seorang pejabat eselon III dengan jabatan definitive selaku Sekdiskopindag.

Kepala Diskopindag, Ibu Qori ketika dikonfirmasi Tim Lacakpos beberapa waktu lalu, enggan untuk menanggapi dinamika dan rumor yang berkembang di luar terkait eksistensi Sekretarisnya.

Terkonfirmasi ketika Tim Lacakpos, memenuhi undangan Pj. Bupati Sampang, Rudi Arifianto melakukan dialog inter aktif dengan beberapa Komunitas/Asosiasi Media Pers, Kamis, (08/02/2024) tampilnya Sulis Setiawan menjadi moderator dan disamping kanan kirinya nampak beberapa pejabat eselon II.

Berangkat dari dialog inter aktif terdengar desas desus bahwa belum lama dari pelantikan Pj. Bupati Sampang di Grahadi oleh Gubernur Jatim, Selasa, (30/01/2024) bahwa, saudara Sulis Setiawan ditunjuk untuk mengisi Plt Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang selama ini kosong.

“Mas Sulis ini temen saya saat sama-sama menempuh Study di Universitas Brawijaya Malang’, ungkap Pj. Bupati Sampang, Rudi Arifianto

Terakhir, ramai menjadi pembicaraan sesama ASN di Pemkab Sampang bahwa Sekretaris Diskopindag sekaligus Plt Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kesra dan SDM ini akan diproyeksikan menjadi Pejabat Eselon II dengan mengikuti Lelang Jabatan Tinggi Pratama.

Baik Sekdakab Sampang, H. Yuliadi Setiawan maupun Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKD&SDM), Arief Lukman Hidayat ketika dikonfirmasi Tim Lacakpos via telepon beberapa kali bernada tidak aktif.

Hasil Investigasi Lacakpos dan tim pada laman kemendagri maupun BKN diperoleh informasi bahwa begitu ketatnya jenjang karier seseorang sebagai ASN bahkan eksistensi Pj. Gubernur, Bupati/Walikota pun diatur ketat kewenangannya tepatnya pada pasal 15 ayat (2) huruf (a) dan ayat (3) dan pasal 16 pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati dan Penjabat Walikota.

Pasal 15
(2) Pj Gubernur, Pj Bupati, dan Pj Wali Kota dalam melaksanakan tugas dan wewenang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilarang:
a. melakukan mutasi ASN;
3) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat dikecualikan setelah mendapat PERSETUJUAN TERTULIS DARI MENTERI.
Dan ada ketentuan pada :
Pasal 16
Dalam hal Pj Gubernur, Pj Bupati, dan Pj Wali Kota melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud Pasal 15, MENTERI MEMBERIKAN SANKSI ADMINISTRASI sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Disamping itu ada ketentuan dari Badan Kepegawaian Negara RI di Jakarta sesuai Nomor Surat : 1141/B-AK.02.02/SD/K/2024 tanggal 19 Pebruari 2024 yang ditujukan kepada Pj. Gubernur Bupati/Walikota bahwa : Jika terdapat kebutuhan Instansi Pemerintah, pejabat yang ditunjuk, dapat melakukan pengangkatan, pemindahan, pemberhentian, promosi, dan mutasi kepegawaian setelah mendapat PERTIMBANGAN TEKNIS (PERTEK) KEPALA BKN.

Sampai saat berita ini siap dipublish Lacakpos dan Tim belum mendapatkan informasi yang akurat dan klarifikasi dari pejabat yang berkompeten terkait ketersediaan anggaran untuk menggelar Lelang Jabatan Tinggi Pratama.(Abd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *