Demo Pembuatan dan Aplikasi Biosaka Dihadiri Bupati Wongkar

MINSEL — LACAKPOS,CO.ID – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH menghadiri kegiatan Demo Pembuatan dan Aplikasi Biosaka, bertempat di RM Turangga Tumpaan. Jumat (19/5/2023).

Biosaka merupakan Elisitor yang merupakan senyawa kimia yang dapat memberikan respon fisiologi bagi tanaman untuk lebih energik dan produktif.

Bacaan Lainnya

Peserta kegiatan ini adalah seluruh Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Minahasa Selatan, diharapkan mereka menjadi agen di masing-masing wilayah binaan penyuluhan pertanian, untuk mengajarkan pembuatan dan pengaplikasian biosaka.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH juga mendemonstrasikan pembuatan Biosaka dan cara mengaplikasikan ke tanaman. bersama dengan Sekretaris Daerah Ibu Glady N. L. Kawatu, SH, M.Si., Kadis Pertanian dan Perkebunan Daerah Prov. Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Balai Perlindungan dan Pengujian Mutu Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi  Sulawesi Utara Ibu Nova Sumolang, SP, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Minahasa Selatan, Camat Tumpaan dan Staf Khusus Bupati Bidang Pertanian.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas pemerintah adalah mensejahterahkan masyarakat.

Dinas terkait berperan aktif berkomunikasi dengn para petani untuk memanfaatkan lahan secara optimal antara lain sebagai upaya menhadapi inflasi serta keterbatasan jumlah produksi di bandingkan dengan besaran kebutuhan masyarakat Minahasa Selatan.

Bupati berharap dapat diaplikasikan ke semua kecamatan untuk semua tanaman. “Karena penyumbang terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi adalah sektor pertanian dan perkebunan. Dan kiranya Kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, harus di tindak lanjuti secara ber kelanjutan,” tandas Bupati Wongkar.(*/Eka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *