Beri Alat Pengolahan Lahan Pertanian, Wabup RD Kunjungi Desa Poopoh

MINAHASA – LACAKPOS.CO.ID – Dalam rangka memberikan pelayanan pengolahan lahan pertanian, Wakil Bupati Minahasa Dr (Hc) Robby Dondokambey SSi MM MAP (RD), menyerahkan alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor roda empat, kepada Pemerintah Desa Poopoh, Kecamatan Tombariri,  pada Senin (08/05/23).

Penyerahan alsintan tersebut berupa traktor roda empat, untuk dipinjam pakaikan kepada Pemerintah Desa Poopoh.

Bacaan Lainnya

Pada kunjungan tersebut RD mengatakan, upaya untuk peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura perlu dilakukan, karena memperhatikan perkembangan adanya perubahan iklim yang mengarah pada elnino.

“Hal ini juga berhubungan dengan program Gubernur Sulawesi Utara, yaitu mari jo bakobong. Dimana menjadi program prioritas Pemprov Sulut yang perlu dukungan sepenuhnya dari semua pemerintah kabupaten dan kota,” ucap RD.

Lanjutnya, sehubungan dengan program prioritas tersebut, Pemkab Minahasa dan jajaran telah berupaya mewujudkan sinergitas dengan Provinsi, khususnya bersama Dinas Pertanian dan Peternakan.

“Dengan adanya sinergitas tersebut, saat ini sedang menggiatkan petani memanfaatkan secara optimal lahan pertanian yang dilaksanakan dalam bentuk penyerahan alat mesin pertanian berupa traktor roda empat kepada Hukum Tua Desa Poopo,” katanya.

Ia juga mengatakan, mengingat alsintan ini membutuhkan biaya operasional, maka sesuai pedoman teknis brigade alsintan dari Kementerian Pertanian. Bahwa biaya jasa operasional dibebankan pada setiap petani sebagai pengguna jasa, namun besaran biaya jasa tersebut tidak melebih upah yang biasa diberlakukan di desa setempat.

“Pemegang traktor roda empat ini adalah perseorangan yang telah menandatangani perjanjian pinjam pakai. Dimana yang bersangkutan wajib melakukan perawatan dan memanfaatkan secara optimal traktor roda empat tersebut,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Tombariri David Suluh MSi mengatakan, bahwa alsintan ini sangat membatu para petani untuk mengelola lahan pertanian di wilayahnya, khsususnya Desa Poopoh.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Tombariri dan pribadi, saya menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupat Minahasa, yang sudah memberikan alsintan kepada Pemerintah Desa Poopoh, untuk digunakan para petani,” ujar David. (*/Angky)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *