Walikota Manado Hadiri Dialok Kebangsaan Dengan Pembicara Menko Polhukam Mahfud MD

MANADO – LACAKPOS.CO.ID – Walikota Manado Andrei Angouw menghadiri kegiatan dialog kebangsaan ‘Malam Bacarita Deng Menko Polhukam’ yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara, pada Sabtu, (18-03-2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam) Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P sebagai keynote speaker ini mengusung tema: ‘Menjaga Harmoni Kebhinekaan Untuk Mewujudkan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 Yang Demokratis’.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E menyampaikan, menjadi kewajiban, ” Kita semua untuk mewujudkan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 yang demokratis, di Provinsi Sulawesi Utara sudah terbukti dengan kerja sama yang harmoni kita bisa mewujudkan demokrasi bangsa yang baik, berkualitas, taat asas, dan taat hukum,” sebut Olly.

Sedangkan Menko Polhukam saat membawakan sambutan. Kemajemukan bangsa Indonesia, sehingga tercipta Indonesia sebagai negara demokrasi, bahwa Pemilu merupakan muatan konstitusi, bukan muatan undang-undang. Penyelenggaraan pemilu merupakan perintah konstitusi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Hingga saat ini tidak ada kekuatan hukum maupun politik yang dapat menunda jadwal Pemilu tahun 2024. Mau nunda Pemilu? Ya, harus ubah Undang-Undang Dasar. MPR atau DPR tidak bisa membuat undang-undang mengubah jadwal Pemilu,” tegas Mahfud MD.

Dilanjutkan dialog kebangsaan dengan narasumber Koordinator Komite Pemilih Indonesia Jerry Sumampouw, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara Meidy Tinangon, M.Si, dan Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Dr. Ardiles Mewoh, S.IP., M.Si.

Hadir dalam kegiatan tersebut Deputi bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Bpk. Dr. Janedjri M. Gaffar, M.Si, Ketua DPRD Sulawesi Utara Bpk. dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B-KBD, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Bpk. Steve Kepel, Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Daerah se-Sulawesi Utara, serta undangan lainnya. (*butje)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *