Tampil Memukau dan Menguasai Materi Saat Debat, CEP: Kami Mempunyai Program Pro Rakyat

Suasana Debat Paslon Gubernur dan Wagub Gubernur, Kamis 5/11.(foto istimewa)

MINAHASA, lacakPos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesuli Utara (Sulut) menggelar Debat Publik atau Debat Terbuka antar Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Pemilihan Tahun 2020 bertempat di Makatete Hills, Warembungan Kabupaten Minahasa, Kamis (5/11/2020).

Diikuti oleh Pasangan Calon Nomor Urut 1 Christiany Eugenia Tetty Paruntu – Sehan Salim Landjar (CEP-SEHAN); Pasangan Calon Nomor Urut 2 Vonny Anneke Panambunan – Hendry Runtuwene ( VAP-HR); Pasangan Calon Nomor Urut 3 Olly Dondokambey, SE – Steven O.E Kandou (OD-SK) dan Tim Sukses Pasangan Calon masing-masing, acara ini dikemas menerapkan protokoler kesehatan COVID-19.

Wawancara: Calon Gubernur Christiany Eugenia Tetty Paruntu Saat Diwawancara Wartawan, Kamis 5/11.(foto Yudi).

Usai debat, Calon Gubernur Christiany Eugenia Tetty Paruntu kepada wartawan lacakpos.co.id menjelaskan bahwa dalam debat pertama ini, pihaknya sudah mengantisipasi dengan melibatkan tim untuk persiapan materi.

“Tim kami sangat solid dalam persiapan debat ini dan Kami (Christiany Eugenia Tetty Paruntu – Sehan Salim Landjar) mampu menerjemahkan itu,baik melalui pertanyaan dan juga menjawab pertanyaan paslon lain,” terang Bupati yang akrab disapa CEP ini.

Disinggung wartawan terkait pertanyaan strategi penanganan Stunting ke paslon lain, Bupati cantik yang juga Ketua DPD Golkar Sulut ini mengaku tidak puas dengan apa yang dijawab paslon lain.

Menurutnya, isu stunting ini sangat penting di Sulawesi utara, karena harus mempersiapkan remaja putri menuju ke pernikahan dan melahirkan anak yang sehat.

Namun jawaban paslon lain tidak seperti yang diharapkan,bisa saya katakan ditanyain itu malahan dijawab lain, ungkap CEP sembari menjelaskan apa itu Stunting.

Kata CEP, secara keseluruhan pertanyaan seputar masalah kesehatan masyarakat, penanganan COVID-19 dan bencana alam, sudah dijawab dengan baik.

“Kami juga menyampaikan sekilas beberapa program unggulan, terus terang semuanya belum tuntas kami sampaikan disebabkan waktu yang terbatas, karena ada 9 program unggulan,” tutur CEP.

Sekilas program unggulan, Dana Desa dari Provinsi, 200 juta setiap Desa untuk 1507 desa yang tersebar, juga peningkatan mutu pendidikkan, miris tingkat kelulusan SMA/SMK nomor 3 dari belakang.

“Khusus pendidikkan kami akan sediakan Kartu Cerdas Anak Sulut, pemberiaan insentif 1 – 1,5 Jt kepada Guru, Honorer dan juga beasiswa kepada ribuan siswa yang akan melanjutkan kuliah,”cetus CEP.

Sebagian orang berpikir mungkin ini tidak bisa,”kami pastikan 4,5 Triliun PDB akan dilakukan penghematan, sehingga 1 Triliun dialokasikan untuk program pro rakyat,” pungkas CEP sembari mengigatkan selalu ingat protokoler kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan iniĀ  Pjs Gubernur Sulut Dr. Agus Fatoni, M.Si; Danrem 131/ Santiago Brigjen TNI Prince M. Putong; Sekertaris Daerah Propinsi Sulut Edwin Silangen, SE. MA. (YUD)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *